Ilmu Pengetahuan & Teknologi Dalam Q.S Al-Baqarah

A l-Qur'an sebagai kalamullah dan kitab suci bagi umat Islam tidaklah sebatas naskah agama yang terkodifikasi untuk mengatur peribada...


Al-Qur'an sebagai kalamullah dan kitab suci bagi umat Islam tidaklah sebatas naskah agama yang terkodifikasi untuk mengatur peribadatan manusia. Tetapi lebih dari itu, Al-Qur'an memiliki banyak sekali keajaiban dan keistimewaan. Keajaiban dan keistimewaan ini biasa disebit dengan i'jaz Al-Qur'an, yaitu keistimewaan dan keajaiban Al-Qur'an yang biasa melemahkan siapa saja yang menentangnya. Salah satu keajaiban yang dimiliki Al-Qur'an adalah kaitannya dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, atau masuk dalam kategori i'jaz ilmy.

Suatu hal yang sangat mengagumkan adalah bahwa Al-Qur'an yang diturunkan kepada Rasulullah SAW lebih dari 14 abad yang lalu telah menggambarkan dan menjelaskan berbagai hal yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Banyak orang beranggapan, bahwa kemajuan dalam bidang sains dan teknologi yang dicapai manusia sekarang ini semata-mata adalah berkat usaha dan kecerdasan akal manusia sendiri, hal tersebut membuat mereka mampu menyingkap segala rahasia alam. Padahal jika kita mempelajari lagi ayat-ayat Al-Qur'an, banyak sekali yang membicarakan masalah iptek ini, yang tentunya memberi kesimpulan bahwa apa yang dilakukan oleh manusia sebenernya adalah pengembangan dari petunjuk ilmu pengetahuan yang telah Allah sampaikan dalam Al-Qur'an.

Oleh sebab itu, merupakan anggapan yang salah bila ada orang yang mengatakan bahwa agama dengan kehidupan adalah terpisah (sekuler). Karena dalam Al-Qur'an yang merupakan kita suci umat Islam, Allah sendiri telah menjelaskan berbagai hal yang menyangkut kehidupan manusia. Tidak saja ibadah, tetapi juga masalah-masalah lain yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, sejarah, hukum, kisah-kisah, dan sebagainya.

Q.S Al-Baqarah Ayat 164

ان في خلق السماوات والارض واختلاف الليل والنهار والفلك التي تجري في البحر بما ينفع الناس وما انزل الله من السماء من ماء فاحيا به الارض بعد موتها وبث فيها من كل دابة وتصريف الرياح والسحاب المسخر بين السماء والارض لايات لقوم يعقلون
Artinya:
Sesungguhnya pada penciptaan langit dan bumi, pergantian malam dan siang, kapal yang berlayar di laut dengan (muatan) yang bermanfaat bagi manusia, apa yang telah diturunkan Allah dari langit berupa air, lalu dengan itu dihidupkan-Nya bumi sesudah mati (kering) dan Dia tebarkan di dalamnya bermacam-macam binatang, dan perkisaran angin dan awal yang dikendalikan antara langit dan bumi; (semua itu) merupakan tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang mengerti. (Q.S Al-Baqarah ayat 164)

Kandungan Q.S Al-Baqarah Ayat 164

Ayat di atas pada intinya adalah memerintahkan manusia agar mau memikirkan segala kejadian alam semesta yang merupakan tanda-tanda dan bukti-bukti kekuasan Allah SWT, sehingga dari sana mereka dapat mengembangkan suatu penemuan dan ilmu pengetahuan yang dapat bermanfaat bagi orang banyak. Seperti yang telah lalu, ayat di atas memerintahkan manusia untuk memperhatikan tujuan poin penting, yaitu:
  1. Langit dengan planet dan bintang-bintangnya semua berjalan dan bergerak menurut tata tertib dan aturan Ilahi.
  2. Bumi dan apa yang tersimpan di dalamnya tidak akan pernah habis.
  3. Pertukaran malam dan siang membawa dan manfaat amat besar bagi manusia. 
  4. Kapal layar di lautan untuk membawa manusia dasi suatu negeri ke negeri yang lain dan untuk membawa barang-barang perniagaan untuk memajukan perekonomian.
  5. Allah SWT menurunkan hujan dari langit, sehingga dengan air hujan itu bumi yang telah mati atau lekang dapat menjadi hidup dan subur.
  6. Pengendalian dan perkisaran angin daru suatu tempat ke tempat yang lain adalah tanda dan bukti kekuasaan Allah.
  7. Demikian pula, harus dipikirkan dan diperhatikan kebesaran Allah dengan bertumpuk-tumpuknya awan antara langit dan bumi.

Perilaku Orang yang Mengamalkan Q.S Al-Baqarah Ayat 164

Perilaku orang-orang yang mengamalkan Q.S Al-Baqarah ayat 164 antara lain sebagai berikut:
  1. Memiliki tekad dan semangat yang kuta dalam belajar.
  2. Tekun dan bersungguh-sungguh dalam mempelajari suatu ilmu.
  3. Menjadikan ilmu sebagai suatu yang sangat penting dalam kehidupannya, sehingga ia akan terus berjuang untuk memperlohnya.
  4. Senantiasa memperhatikan alam semesta dan segala keindahannya agar keimanannya kepada kebesaran Allah semakin mantap.
  5. Melakukan penelitian terhadap berbagai hal yang dapat memunculkan suatu penemuan yang berguna bagi manusia.
  6. Mengembalikan pengetahuan-pengetahuan tentang alam semesta dan segala kejadian di muka bumi yang sudah disimbolkan dalam ayat-ayat Al-Qur'an.

COMMENTS

Name

Fiqih Tafsir Twitter
false
ltr
item
Clerobo: Ilmu Pengetahuan & Teknologi Dalam Q.S Al-Baqarah
Ilmu Pengetahuan & Teknologi Dalam Q.S Al-Baqarah
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiFJXjZ9ia3ON37CJes7ZS_3rSaM1WknTSrS03A4hbAwzuvRLaGXBYtmVLiy_7M5NFq38DYuYeaYvw9ABxBEWie1SE9heA26ht0Pi5wCep0q7q1PBEyW49EJXJXVLwJ9HYM08YhXC0h7ePP/s1600/12.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiFJXjZ9ia3ON37CJes7ZS_3rSaM1WknTSrS03A4hbAwzuvRLaGXBYtmVLiy_7M5NFq38DYuYeaYvw9ABxBEWie1SE9heA26ht0Pi5wCep0q7q1PBEyW49EJXJXVLwJ9HYM08YhXC0h7ePP/s72-c/12.jpg
Clerobo
https://blogclerobo.blogspot.com/2015/09/ilmu-pengetahuan-teknologi-dalam-qs-al.html
https://blogclerobo.blogspot.com/
http://blogclerobo.blogspot.com/
http://blogclerobo.blogspot.com/2015/09/ilmu-pengetahuan-teknologi-dalam-qs-al.html
true
6857698612096199273
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy