Tanggung Jawab Terhadap Keluarga dan Masyarakat

K epemimpinan bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilaksanakan dengan baik dan benar, seorang pemimpin haruslah mempunyai sifat dan kriteri...


Kepemimpinan bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilaksanakan dengan baik dan benar, seorang pemimpin haruslah mempunyai sifat dan kriteria yang dapat membimbing umat kejalan yang lebih baik dan diridhai oleh Allah SWT. Kepemimpinan yang tidak sesuai dengan apa yang telah diamanatkan akan mendapatkan balasan dan azab yang sangat pedih dari Allah SWT.

Dalam berbagai ayat Al-Qur'an Allah SWT telah menjelaskan bermacam tugas dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan oleh seorang pemimpin, dalam keluarga misalnya, bagaimana Allah berpesan untuk selalu menjaga diri dan keluarga mereka dari azab yang akan menimpanya, memberitakan nasehat dan mengajarkan kepada anggota keluarga akan aturan dan ajaran Allah adalah suatu keharusan yang tidak boleh diabaikan dan ditinggalkan.

Di sisi lain kita harus menjaga dan memilihara semua perilaku kita dari perbuatan dosa dan maksiat kepada Allah, di sisi lain Allah memberitakan tanggung jawab terhadap orang-orang yang telah diamanatkan kepada kita untuk melindungi dan kita jaga dari perbuatan-perbuatan yang dilarang Allah SWT.

Setiap individu memang memiliki tanggung jawab tersendiri apalagi jika sudah menjadi bagian dari sebuah keluarga dan masyarakat. Jelaslah tanggung jawab di sana semakin kompleks.

Q.S At-Tahrim Ayat 6

يا ايها الذين امنوا قوا انفسكم واهليكم نارا وقودها الناس والحجارة عليها ملائكة غلاظ شداد لا يعصون الله ما امرهم ويفعلون ما يؤمرون
Artinya:
Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikak-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. (Q.S At-Tahrim ayat 6)

Kandungan Q.S At-Tahrim Ayat 6

Dalam surat At-Tahrim ayata 6 Allah memerintahkan kepada manusia untuk menjaga diri dan keluarganya dari siksa apa neraka. Allah memerintahkan manusia untuk menjaga perilaku dan perbuatan dari hal-hal yang telah dilarang dan mengerjakan semua perintah yang diberikan, dengan melakukan hal tersebut berarti kita telah melaksanakan ketaatan yang dapat menjauhkan diri kita dari siksa api neraka. Lebih dari sekedar menjauhkan diri kita dari azab Allah, Ia juga memerintahkan kepada kita untuk menjauhkan keluarga kita dari siksa api neraka. Keluarga merupakan amanat dari Allah yang harus kita lindungi dan kita jangan sampai tersesat ke dalam jurang maksiat dan dosa.

Perilaku Orang yang Mengamalkan Q.S At-Tahrim Ayat 6

Mencermati tentang perilaku dan perbuatan orang-orang yang melaksanakan perintah Allah SWT dengan menjadga diri dan keluarganya dari siksaan Allah SWT. Imam Ali mengatakan, menjaga diri dari azab Allh SWT adalah dengan tingkah laku dan perbuatan kita, hal ini tentunya dengan perbuatan dan perilaku yang mengundang ridha Allah, bukan dengan perbuatan yang mendatangkan murka dari Allah SWT. Memperbaiki diri dari kesalahan dan dosa yang  telah dilakukan adalah bagian dari usaha kita untuk menjaga diri kita dari siksa Allah SWT.

Penerapan Q.S At-Tahrim Ayat 6

Amanat yang dibebankan Allah SWT kepada kita untuk menjada dan menyelematkan diri dan keluarga dari siksaaan dan azab Allah merupakan perintah yang harus kita lakukan dengan sebaik-baiknya supaya kita mendapat keselamatan di dunia dan akhirat. Penerepan nilai-nilai yang terkandung dalam Q.S At-Tahrim ayat 6 adalah kewajiban dan tanggung jawab seorang muslim.

COMMENTS

Name

Fiqih Tafsir Twitter
false
ltr
item
Clerobo: Tanggung Jawab Terhadap Keluarga dan Masyarakat
Tanggung Jawab Terhadap Keluarga dan Masyarakat
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgTboVJ1fhxr6jlMjSDyO0LPKfUfE6eE0VofGF7rjiVLkmAU8VAtQ-MSjlFSMfvmY_c9bHVHTsShxqU3d9lxpI4j-wJhtEZE0GVVELluf7d3mhgSVOPAjQ2zom0sVmwZ3up72utNy31MBgv/s1600/10.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgTboVJ1fhxr6jlMjSDyO0LPKfUfE6eE0VofGF7rjiVLkmAU8VAtQ-MSjlFSMfvmY_c9bHVHTsShxqU3d9lxpI4j-wJhtEZE0GVVELluf7d3mhgSVOPAjQ2zom0sVmwZ3up72utNy31MBgv/s72-c/10.png
Clerobo
http://blogclerobo.blogspot.com/2015/09/tanggung-jawab-terhadap-keluarga-dan.html
http://blogclerobo.blogspot.com/
http://blogclerobo.blogspot.com/
http://blogclerobo.blogspot.com/2015/09/tanggung-jawab-terhadap-keluarga-dan.html
true
6857698612096199273
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy