Potensi Akal dan Ilmu Dalam Q.S Ali Imran

M anusia diciptakan oleh Allah SWT sebagai makhluk yang diberi keistimewaan dibandingkan makhluk-makhluk ciptaan Allah lainnya. Keistimew...


Manusia diciptakan oleh Allah SWT sebagai makhluk yang diberi keistimewaan dibandingkan makhluk-makhluk ciptaan Allah lainnya. Keistimewaan yang dimiliki manusia itu tidak lain adalah potensi akal yang mampu menciptakan perubahan-perubahan dalam kehidupan manusia. Dunia flora maupun fauna yang ada sekarang, cara hidup dan perkembangan mereka tidaklah berbeda dengan kehidupan pendahalunya. Tetapi dunia manusia, dari masa ke masa senantiasa mengalami perubahan dan kemajuan yang amat pesat.

Semua itu tiada lain karena anugerah akal yang Allah berikan kepada manusia. Dengan potensi akal, manusia dapat menyingkap segala sesuatu, sehingga muncullah ilmu pengetahuan dan inovasi baru. Dengan potensi akal pula manusia dapat mengubah budaya primitif menjadi kehidupan moderen. Dengan potensi akal, manusia juga mampu menciptakan alat-alat transportasi dan komunikasi yang serba canggih, yang dulu mungkin tidak pernah terbayangkan oleh manusia-manusia purba. Bahkan dengan potensi akal, manusia mampu menyingkap rahasia alam semesta, dengan menciptakan alat transportasi yang mampu menembus cakrawala, sehingga mereka mengetahui bahwa planet-planet, dan benda-benda angkasa lainnya di luar bumi yang mereka huni.

Penciptaan akal bagi manusia sejatinya hanya untuk membuat mereka mampu mengembangkan berbagai ilmu pengetahuan dan menciptakan berbagai penemuan yang canggih. Tetapi di atas itu semua, agar manusia mampu berfikir tentang Tuhan yang menciptakan mereka dan alam semesta ini.

Q.S Ali Imran Ayat 190-191

ان في خلق السماوات والارض واختلاف الليل والنهار لايات لاولي الالباب
الذين يذكرون الله قياما وقعودا وعلى جنوبهم ويتفكرون في خلق السماوات والارض ربنا ما خلقت هذا باطلا سبحانك فقنا عذاب النار
Artinya:
Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk, atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langi dan bumi (seraya berkata), "Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia. Maha suci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka." (Q.S Ali Imran ayat 190-191

Kandungan Q.S Ali Imran Ayat 190-191

Ayat di atas, memerintahkan manusia untuk menggunakan potensi akalnya sebagai salah satu cara dalam mengenal Allah dan mendekatkan diri kepada-Nya. Pengguna akal itu dengan cara membaca dan merenungkan ayat-ayat-Nya yang terbentang di alam semesta.

Orang yang melihat dan memikirkan alam semesta, hal itu akan meninjau menurut bakal pikirannya masing-masing. Apakah dia seorang ahli ilmu alam, ahli ilmu bintang, ahli ilmu tanaman, ahli ilmu pertambangan, seorang filosofis, ataupun penyair dan seniman. Semuanya akan terpesona oleh susunan tabir alam yang luar biasa. Seseorang meresa kecil diri di hadapan kebesaran alam dan alam semesta terasa kecil dihadapan kebesaran penciptannya. Akhirnya tidak ada arti diri, tidak ada arti alam, yang ada hanyalah Dia, Yang Maha Pencipta.

Perilaku Orang yang Mengamlkan Q.S Ali Imran Ayat 190-191

Dari penjelasan yang telah dijabarkan di atas, pada dasarnya semuanya memiliki tujuan yang sama. Oleh karena itu, perilaku orang yang mengamalkan semua ayat di atas di antaranya sebagai berikut:
  1. Melihat keajaiban alam semesta sebagai tanda-tanda kebesaran Allah SWT.
  2. Mengambil manfaat dari ciptaan-ciptaan Allah sebagai tanda syukur kepada-Nya.
  3. Menggunakan potensi akalnya untuk mengembangkan ciptaan-ciptaan Allah dalam alam semesta agar menjadi lebih berguna.
  4. Terus mengadakan penelitian tentang alam semesta demi perkembangan ilmu pengetahuan.
  5. Menggunakan kekayaan alam yang dikaruniai oleh Allah untuk sesuatu yang maslahat bagi kepentingan manusia.

Memfungsikan Akal Untuk Mempelajari Ilmu-Ilmu Allah

Penjabaran kandungan ayat di atas, semuanya menjelaskan bahwa Allah SWT telah menganugerahkan nikmat terbesar kepada manusia, yakni akal dan potensi berpikir yang membuat kita berbeda dengan binatang.

Oleh sebab itu, akal yang kita miliki ini seharusnya digunakan untuk mempelajari ilmu-ilmu Allah. Hal ini berarti segala ilmu pengetahuan yang bermanfaat untuk manusia, yang setelah mempelajarinya membuat kita semakin yakin akan kekuasaan Allah.

Di antara mempelajari ilmu Allah adalah melakukan kajian-kajian Islam. Mempelajari syariat wajib hukumnya bagi seorang muslim, agar ia dapat menjalankan ajaran agamanya secara benar dan sesuai dengan tuntunan Allah SWT dan Rasul-Nya. Akan tetapi, terkadang akal manusia melampaui jalur yang semestinya. Penggunaan akal tanpa batas dalam melakukan kajian Islam adalah sangat berbahaya. Sebab jika terlalu jauh, yang terjadi adalah sebaliknya, ia akan menuhankan akalnya, menjauhi ilmu syar'i dan bahkan bisa hilang keimanannya.

COMMENTS

Name

Fiqih Tafsir Twitter
false
ltr
item
Clerobo: Potensi Akal dan Ilmu Dalam Q.S Ali Imran
Potensi Akal dan Ilmu Dalam Q.S Ali Imran
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjr6sicPA6T9SvJkUsfEv5sS2sTqzpNTsJfHmBDwjtjhjs07KHxiOQr9DQCgbUfAcBo-MZXpEwB9ALR6ZB7pE6yAVG2gCM9UaHIXqDW6F4ZqTTdnfz9c7HJ9PmY9r0nAkgdin8Rvm7J7p8i/s1600/13.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjr6sicPA6T9SvJkUsfEv5sS2sTqzpNTsJfHmBDwjtjhjs07KHxiOQr9DQCgbUfAcBo-MZXpEwB9ALR6ZB7pE6yAVG2gCM9UaHIXqDW6F4ZqTTdnfz9c7HJ9PmY9r0nAkgdin8Rvm7J7p8i/s72-c/13.jpg
Clerobo
http://blogclerobo.blogspot.com/2015/09/potensi-akal-dan-ilmu-dalam-qs-ali-imran.html
http://blogclerobo.blogspot.com/
http://blogclerobo.blogspot.com/
http://blogclerobo.blogspot.com/2015/09/potensi-akal-dan-ilmu-dalam-qs-ali-imran.html
true
6857698612096199273
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy